Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDI Manunai

Authors

  • Sonya Kristiani Maria Nursyah Arifin Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.106

Keywords:

discovery learning, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah  pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika materi kecepatan dan jarak pada siswa kelas V SDI Manunai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen meneliti hubungan sebab akibat dengan manupulasi atau diberi perlakuan (dirancang dan dilaksanakan) oleh peneliti. Metode penelitian eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi terkendalikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learningterhadap hasil belajar matematika materi kecepatan kelas V SDI Manunai, berpangaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hasil analisis data pretest menunjuk kemampuan awal.

References

Almira Amir, M. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan MenggunakanMedia Manipulatif . Forum Paedagogik Vo l. VI , No.0 1, Hal. 78
Dr. Ibrahim, M. S. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. Hal 33
Drs. Asep Jihad, M. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjaun Teritis dan Historis). Bandung. Multi Presindo Yogyakarta.
Gd. Gunantara, M. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V . Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , Vol: 2 No: 1 Hal 4.
Kamarullah. (2017).“Pendidikan Matematika” Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Vol 1, No 1, hal.29.
Lirmiyati. (2014). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Materi Bentuk Aljabar Kelas VII C SMPN 1 Donggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal 10-12. STKIP Taman Siswa Bima
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. al-Khwarizmi, Volume 2, Hal 7.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika . Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 2, No. 1, Hal 59.
Suhenda. (2007). Materi Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matenatika, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2007), h. 1.
Sutarto, S. M. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Nursyah Arifin, S. K. M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDI Manunai. Widya Balina, 4(2), 103–111. https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.106