Peningkatan Pemahaman Tajwid Hukum Bacaan Nun Sukun Tanwin Siswa Kelas VII di SMP Bintang Persada Melalui Teknik Bermain, Berdiskusi, dan Melantunkan (BBM)

Authors

  • Haris Nursyah Arifin STAI Denpasar Bali

Keywords:

Teknik BBM, Pemahaman Tajwid Hukum Bacaan Nun Sukun Tanwin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan  pemahaman tajwid hukum bacaan nun sukun tanwin siswa kelas VII  SMP Bintang Persada melalui teknik BBM Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode BBM (Bermain, Berdiskusi dan Melantunkan) dengan cara bermain menggunakan alat permainan berbentuk “beberan” yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Setelah menjawab pertanyaan dilanjutkan dengan berdiskusi dalam kelompok. Dalam akhir proses siswa melantunkan potongan ayat Al-Qur’an sesuai dengan teori tajwid yang sudah diperoleh sehingga proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan PTK dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Bintang Persada. Subyek penelitian ini sebanyak 22 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah jika metode BBM dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan pemahan siswa materi tajwid hukum bacaan nun sukun tanwin.Indikator keberhasilan 75% dengan KKM sebesar 70. Teknik pengumpulan data dengan observasi. teknik analisis data dengan rumus untuk mengetahui nilai rata-rata dan tingkat ketercapaian KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 69,09 dan siklus II sebesar  77,72.

References

[1] Arikunto, Suharsimi. 2002.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[2[ Arsyad,Azhar.1997.Media Pembelajaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa.
[3] Daradjat, Zakiyah. 1983.Metodologi Pengajaran Agama Islam.Jakarta : PT Bumi Aksara.
[4] Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya.Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
[5] Deporter, Bobbi,dkk. 2000. Quantum Teaching Memraktekkan Quantum Learning di Ruang- ruang Kelas. Bandung : Mizan Media Utama.
[6] Ghony, M. Djunaidi. 2008.Penelitian Tindakan Kelas.Malang : UIN Perss.
[7] Muhaimin dan Abdul Mujib. 1993.Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Tri Genda Karya.
[8] Mulyasa. E, 2005.Menjadi Guru Profesional.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[9] Muslih, Masnur. 2007.KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.Jakarta : PT Bumi Aksara.
[10] Nasution, S. 1982.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[11] Thomas.2002.Buku Penuntun Membuat Tesisi, Skripsi, Disertasi dan Makalah.Jakarta : PT Bumi Aksara.
[12] Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta Kencana Predana Media Group.
[13] Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[14] Uno, Hamza B. 2007.Model Pembelajaran, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[15] Yamin, Martinis. 2007.Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Gaung Persada Perss

Downloads

Published

2018-06-04

How to Cite

Nursyah Arifin, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Tajwid Hukum Bacaan Nun Sukun Tanwin Siswa Kelas VII di SMP Bintang Persada Melalui Teknik Bermain, Berdiskusi, dan Melantunkan (BBM). Widya Balina, 3(1), 63–74. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/10