Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cinnamon Coffee And Eatery
DOI:
https://doi.org/10.53958/mt.v5i2.473Keywords:
Quality, Service, SatisfactionAbstract
: The aim of this research is to determine the influence of service quality on customer satisfaction at Cinnamon Coffee and Eatery simultaneously, partially and dominantly . Type of explanatory research (Explanatory Research) with a quantitative approach. Based on the research results, it is known that Tangibles (X 1 ), Reliability (X 2 ), Responsiveness (X 3 ), Assurance (X 4 )and Empathy (X 5 ) simultaneously have a significant effect on customer satisfaction at Cinnamon Coffee and Eatery . Cinnamon Coffee and Eatery can improve the quality of reliability so that it can increase customer satisfaction than before, by providing more responsive and fast service, so that customers don't wait long to enjoy a product.
References
Agyapong, Gloria, K.Q. 2019. The Effect Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry a Case of Vodafone in Ghana. International Journal of Business and Management, Vol.6, p.207.
Alma, B. 2020. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit. Alfabeta Bandung.
Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. (2022). Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Deepublish.
Arthur, Juliana , & Joachim. (2017). Tingkat Kepuasan Pelanggan Restoran Pondok Hijau Kota Manado. Jurnal AgriSosioEkonomi Unsrat, 13(3), 157-172.
Fadil, Zaki dan Utama, Priyo. 2020. Teknik Marketing Itu Mudah. Yogyakarta: Second Hope
Ghanimata dan Kamal, 2022. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan pelanggan. Artikel Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Irawati dan Hery Syahrial. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Modem Smartfren pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2. Adisaputro (2018
Istianto, Hendra, J., & Tyara, J. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal Ekonomi dan informasi Akuntansi, 3, 275-293.
Kadhim et al.(2022). pengaruh product, price, places distribution, promotion, people, process dan physical eviden terhadap customer satifactio (kepuasan pelanggan).
Khoirurrohman, M. F., Hartono, B., & Utami, H. D. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam pembelian ayam goreng roker di malang. Jurnal ilmu-ilmu peternakan, 25, 80-80.
Kotler dan Keller. (2007).manajemen pemasaran. Edisi 12.Jakarta
Kotler, & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Mahmudet al. (2020). The Effect Of Service Quality And Price On Satisfaction Andloyalty Of Customer Of Commercial Flight Service Industry. International Journal of Business and Management, Vol.6, p.207.Warikiet al. (2020
Moenir. 2020. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Novrianto, J. (2022). Analisis kepuasan pelanggan pada Restoran Sop Tanjung Pertama (M1) di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 2(2), 171-189.
Prasetijo , R., & Jhon j. (2019). Perilaku Pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offeset.
Periyadi, Etc (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Travel Ijejela Banjarmasin. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 1 No. 1 Tahun 2017.
Periyadi, Etc (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus Pada PT. Grafika Wangi Kalimantan). Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB.
Permana, Y, Etc (2024). Dimensi Pelayanan Prima Terhadap Kesetiaan Merk. Jurnal Indonesian Journal Of Economy and Education Economy. Jilid 2 Nomor 1 Tahun 2024.
Randy , & Sondang. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Rumah Makan Bromo Asri Terhadap Kepuasan. Pengaruh Kualitas LayanJurnal manajemen Pemasaran, 1(1), 1-10.
Rustanti, N. (2020). Buku Ajar Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish.
Sugito, 2019. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Untuk Manajemen. Alfabeta: Jakarta.
Tangkilisan. H.Ns, (2020) Manajemen publik. Jakarta: gramedia widiasarana Indonesia
Tjiptono, Fandi dan Candra, Gregorius. 2019. Service, Quality, and Satisfaction. Andi: Yogyakarta.
Triatmojo. 2019. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Nuha Medika: Yogyakarta.
Utami, I. I., & Jatra, I. M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Knsumen Pelanggan Restoran Baruna Sanur. Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984-2022.
Walton RE, 2022. Prinsip dan Praktik Ilmu Endodonsia. Alih. Bahasa. Sumawinata N, Juwono L. Jakarta: EGC
Warikiet al.2020. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2.
Yansah, R. A., Hartono, B., & Hariyono, M. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan (service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Perternakan, 1(23), 30-34.