Faktor Halal Awareness, Religiosity, dan Knowledge terhadap Consumer Decisions dan Implikasinya terhadap Consumer Loyalty

Authors

  • Mila Sartika Universitas Dian Nuswantoro
  • Aditia Motik Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.53958/mt.v4i1.268

Keywords:

keputusan konsumen, , loyalitas konsumen, kesadaran halal, pengetahuan, religiusitas

Abstract

. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di Dunia. Salah satunya yang menjadi pendorong perekonomian bagi negara yaitu industri kosmetik halal. Objek dari penelitian ini adalah sampel mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Data yang dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online melalui Google Form sebanyak 150 kuesioner, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model pada Amos. Untuk hasil yang paling tinggi pengaruhnya yaitu religiosity terhadap consumer loyalty dan hasil terkecil pengaruhnya yaitu variabel halal awarness terhadap consumer loyalty. Hasil penelitian ini membuktikan  bahwa: 1) halal awarness, religiosity, dan knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer decision, 2) halal awarness, religiosity, dan Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyalty 3) consumer decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyalty.

References

Andhika, H, Susanto. (2013). The Influence Of Customer Purchase Decision On Customer Satisfication And Its Impact To Consumer Loyalty. Vol. 1 No. 4
Abd Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers and Halal cosmetic products: knowledge, religiosity, attitude and intention. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 148–163
Agung Nurchayo dan Herry Hudrasyah. (2017). The Influence Of Halal Awareness, Halal Certification, And Personal Societal Perception Toward Purchase Intention: A Study Of Instant Noodle Consumption Of College Student In Bandung. Vol. 6, No. 1, 2017: 21-31.
Atekke, Brown dan Didia, James. (2018). Consumer Knowledge and Purchase Intention of Healthcare Product Consumers in Rivers State. 6(1)1:1-7
Bahri. (2018). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Variabel Lokasi, Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Emosional, dan Disain Interior yang Berdampak pada Tingkat Pembelian. Vol. 8 No. 1│Desember 2018│hal. 60 – 80
Dwiwiyati Astogini, Wahyudin, dan Siti Zulaikha Wulandari. (2011). Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi Tentang Labelisasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Kemasan). JEBA, Vol.13, No.1
Evi Husniati Sya’idah dan Tontowi Jauhari. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Vol. 3 No. 1
Fauziah, Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nst, MA, Fahrizal, Lc, MA. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus: Mahasiswi Febi Iain Langsa). (Tidak di Publikasikan)
Haris Hermawan. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan, Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Vol. 1 No. 2
Ilma, Savia Putri. Sri, Daryanti, dan Alia, Rachma Ningtias. (2018). The Influence Of Knowledge And Religiosity With Mediation Of Attitude Toward The Intention Of Repurchasing Halal Cosmetic. Vol, 72.
Kamonthip, Maichum. Surakiat, Parichatnon. dan Ke-Chung, Peng. (2017). The Influence of Attitude, Knowledge and Quality on Purchase Intention towards Halal Food: A Case Study of Young Non-Muslim Consumers in Thailand. Vol.06, Issue 03.
Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2008). Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks
Khotimah, N (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Sistem Bagi Hasil terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri (Studi …. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, jurnal.untag-sby.ac.id, https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jmm17/article/download/1712/1450
Margarita, Isoraite. (2016). Customer Loyalty Theoretical Aspect. Vol. 5. Issue 2.
M, Imamuddin. (2017). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa Bukit Tinggi. Vol.1, No.1
Nurhayati Fatmasaris Sukesti. (2016). Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Melalui Peningkatan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Nasabah Dengan Variabel Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Bank Syariah Di Kota Semarang). Volume VII/Edisi 2/Oktober 2016
Rizki, Anggi dan Rizana Aulia. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Shibuya Resto Citraland Mall Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 3 No. 3.
Shafie, S., & Othman, M. N. (2015). “Halal Certification: International Marketing Issues and Challenges”, makalah disampaikan pada The Ifsa Vii World Congress Berlin, Germany.
Sood J., & Nasu, Y. (1995), “Religiosity and nationality: An exploratory study of their effect on consumer behaviour in Japan and the United States”, Journal of Business Research, XXXIV, 1-9.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Sartika, M., & Motik, A. (2023). Faktor Halal Awareness, Religiosity, dan Knowledge terhadap Consumer Decisions dan Implikasinya terhadap Consumer Loyalty. Maisyatuna, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.53958/mt.v4i1.268