Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Manajemen Ekstrakurikuler Seni Islami Di SMK Bina Madina Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • M. Milhaq Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Ahmad Qosim Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Syarof Nursyah Ismail Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.182

Keywords:

Penguatan Nilai Karakter, Manajemen Ekstrakurikuler.

Abstract

Dalam setiap lembaga pendidikan, diperlukan sebuah manajemen yang memprioritaskan pendidikan karakter siswa, manajemen tersebut bisa dilakukan di luar jam sekolah. Sebagaimana di SMK Bina Madina Denpasar, mempraktekkan manajemen ekstrakurikuler seni Islami yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai karakter siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penguatan nilai-nilai karakter siswa melalui manajemen ekstrakurikuler seni Islami di SMK Bina Madina Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan nilai-nilai karakter siswa melalui manajemen ekstrakurikuler seni Islami di SMK Bina Madina Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru agama, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan: 1) Pelaksanaan penguatan nilai-nilai karakter siswa dilakukan dengan praktik pengajian, diskusi sesama anggota, wejangan/nasehat. Terkonsep dalam tiga pilar; Moral Knowing, Moral Loving, dan Moral Doing. 2) Faktor pendukung pelaksanaan penguatan nilai-nilai karakter siswa adalah, peran aktif para pendidik dan didukung oleh kepala sekolah, serta sarana prasarana yang memadai. 2) faktor penghambatnya adalah, siswa tidak istikamah dalam menerapkan akhlak mulia, kemampuan siswa terbatas, waktu yang kurang tepat, dan jarak sekolah dengan rumah siswa terbilang jauh.

References

Buku Referensi
Departemen Agama RI. 2000. Alquran dan Terjemahannya (Revisi terbaru). Semarang : CV. Asyifa’.
Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendiknas. 2011. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. Cet.IV.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad Luqman, Abu ‘Abdillah. 2016. Rasysyul Barad Syarh al-Adab al- Mufrad. Jakarta: Griya Ilmu.
Purwandari, Ari Wiyati. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga. Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berperadaban. Jakarta: Tintamas.
Haris Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba. Pernyataan Hasil Wawancara
Agung Firdaus, Waka Kesiswaan SMK Bina Madina. Wawancara pribadi, Selasa, 8 Agustus 2020
Agung Ardi, Siswa SMK Bina Madina, Wawancara Pribadi. Senin, 10 Agustus 2020
Diand Mei, Siswa Bina Madina, Wawancara Pribadi. Senin, 10 Agustus 2020
Febri Nurah, Siswa SMK Bina Madina, Wawancara Pribadi, Selasa, 8 Agustus 2020
Faiq, Siswa, Wawancara Pribadi, Senin, 7 Agustus 2020
Muhammad Raihan, Siswa, Wawancara Pribadi, Sabtu, 5 Agustus 2020
Moh. Heri Setiawan, Waka Kurikulum, Wawancara Pribadi. Selasa, 7 Juli 2020
Najmudin. Kepala SMK Bina Madina, Wawancara pribadi, 7 Agustus 2020
Raudlatul Izzah, Guru Mapel dan Pendamping hadrah, Wawancara pribadi. Senin, 7 Agustus 2020
Ruri Aprilia, Siswa SMK Bina Madina, Selasa, 8 Agustus 2020
Zainal Abidin, Guru PAI dan Pendamping Tahfiz, Wawancara pribadi. Sabtu, 8 Agustus 2020

Published

2023-02-22

How to Cite

Milhaq, M., Qosim, A., & Ismail, S. N. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Manajemen Ekstrakurikuler Seni Islami Di SMK Bina Madina Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 128–144. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.182