MANAJEMEN INOVASI WISATA KAMPUNG JODIPAN MALANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

  • Eka Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Waskita Dharma Malang
  • Joko Yuwono Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Waskita Dharma Malang
  • M. Alwiadi Pane Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Waskita Dharma Malang
Keywords: Manajemen, Inovasi, Kampung Wisata

Abstract

Penelitian tentang manajemen inovasi ini dilaksanakan  di Kampung Wisata Jodipan Malang yang awal berdirinya menjadi pusat perhatian masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kampung Wisata Jodipan menjadi salah satu wisata pemberdayaan masyarakat yang merubah kampung kumuh menjadi kampung yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.  Namun, dewasa ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang mengalami penurunan jumlah pengunjung.  fasilitas wisata yang sudah mulai kusam dan rusak, kurangnya perhatian pemerintah dan warga untuk mengelola. Sehingga, kondisi yang dialami kini berdampak pada perekonomian masyarakat. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah dengan adanya kondisi sekarang ini perlu untuk dilakukan kajian manajemen inovasi yang menjadikan Kampung Wisata Jodipan lebih maju dari sebelumnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa belum adanya strategi khusus dalam meningkatkan jumlah pengunjung wisata. Maka, melalui analisis ilmu manajemen inovasi dapat dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan 4 fungsi tahapan manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.  Implikasi dari hasil penelitian jika dapat berjalan dengan baik maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang. (2022). Jumlah Wisatawan Domestik di Kota Malang (Orang), 2020-2022. Kota Malang: https://malangkota.bps.go.id/indicator/16/157/1/jumlah-wisatawan-domestik-di-kota-malang.html.
Fachruddin, I. (2009). Desain Penelitian. Malang: Universitas Islam Negeri.
Hanafi, D. M. (2015). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Retrieved Juni 12, 2023, from ut.ac.id: http://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.
Hesti Rahmadhani, d. (2021). Dampak Pariwisata Perkotaan "Kampung Tematik" Terhadap Perekonomian Masyarakat Permukiman Kumuh dan Informal di Kota Malang. Yogyakarta: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/204331.
Irfanudin, A. M. (2020). Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategi. Banten: CV. AA. Rizky.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rokhayati, I. (2014). Perkembangan Teori Manajemen Dari Pemikiran Scientific Management Hingga Era Modern Suatu Tinjauan Pustaka. Ekonomi dan Bisnis, 1-20.
Topandean, F. (2022). Perubahan Sosial Masyarakat Jodipan Setelah DItetapkan sebagai kampung wisata warna-warni Malang Jawa Timur . Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 3674-3683.
Uak, M. Y., Prasetyo, N. E., Purwati, T., & Sefaverdiana, P. V. (2021). Analisis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Untuk Mengembangkan Wisata Kampung Warna Warni. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1-19.
Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi :Sebuah Tinjauan Pustaka. Valuta, 93-101.
Published
2023-06-30
How to Cite
Setyowati, E., Yuwono, J., & Pane, M. (2023). MANAJEMEN INOVASI WISATA KAMPUNG JODIPAN MALANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Widya Balina, 8(1), 672-678. https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.274