Studi Kasus Siswa yang Kehilangan Motivasi Diri terhadap Karir dan Pekerjaan di Masa Depan di SMAS Budi Satria
Abstract
ABSTRAK
Studi kasus ini berkaitan dengan siswa SMAS Budi Satria yang mengalami kehilangan motivasi diri terhadap karir dan pekerjaan di masa depan. Fenomena ini menjadi perhatian serius pihak sekolah, karena berpengaruh terhadap perkembangan akademik dan psikologis para siswa tersebut. Kurangnya pemahaman tentang pilihan karir berarti bahwa siswa tersebut mungkin tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang berbagai pilihan karir yang tersedia di dunia nyata. Mereka mungkin tidak tahu apa yang mereka minati atau memiliki bakat khusus di bidang tertentu, sehingga sulit bagi mereka untuk menemukan motivasi dan tujuan dalam mempersiapkan masa depan. Studi kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya motivasi diri siswa SMAS Budi Satria terhadap karir dan pekerjaan di masa depan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini, diharapkan sekolah dapat menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi siswa dan membantu mereka merencanakan masa depan yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Budi Satria masih sangat membutuhkan bimbingan perencanaan karir untuk masa depannya walaupun hanya sedikit permasalahan yang dihadapi siswa dalam memilih karir untuk masa depannya, namun pihak sekolah harus ekstra ekstra dalam memberikan pembinaan agar siswa di SMA Budi Satria dapat bersaing di masa depan. Karena negara ini juga akan sangat membutuhkan generasi muda untuk dapat meningkatkan potensi yang ada di negara ini agar kita semua dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu.
References
[2] Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (Eds.). (2017). Psychology of Classroom Learning: An Encyclopedia. Detroit: Macmillan Reference USA
[3] Boyolali, A. (2012). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keyakinan Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali Relationship between Learning Motivation and Self Efficacy with Career Maturity on the Students of SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2).
[4] Diurna, A., & Vi, V. (2017). e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 1. Tahun 2017. VI(1).
[5] Effendi, Y. (2020). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 51-56.
[6] Jati, W., Triyadi, T., Sudarso, A. P., Maulana, S. R., & Yuangga, K. D. (2020). Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK Sasmitajaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 86–89. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2128
[7] Jenawi, B. H. (2018). Bimbingan Karir dalam Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship Peserta Didik. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(4), 387–406. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i4.906
[8] Kusumawati, R. (2020). Pengaruh Motivasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berkarir di Kalangan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madura, 4(2), 77-85.
[9] Maharani, P. S., Lubis, H., & Putri, E. T. (2022). Orientasi Masa Depan dan Perencanaan Karir Pada Remaja Content Creator di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 353. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7698
[10] Nurmasari. (2015). Peranan penting perencanaan dan pengembangan karier. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2), 268–281. https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=http://jurnal.uir.ac.id/index.php/PUB/article/download/917/612
[11] richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). (2021). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 2013–2015.
[12] Sikumbang, F. (2022). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Karir Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Padang. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(1), 56-64.
[13] Smith, A. (2022). Memahami dan Mengatasi Hilangnya Motivasi Diri Siswa dalam Karir dan Pekerjaan Masa Depan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 45(3), 123-145.
[14] Sunggingwati, D. (2019). Pendekatan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 326-336.