Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiro`ah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo : Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v6i1.717Keywords:
Arabic fluency, learning challenges, Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah, maharatul qiro’ah, solution strategiesAbstract
This study aims to identify the challenges in teaching maharatul qiro’ah at Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah and propose solutions to enhance students’ fluency in Arabic. As a fundamental language skill, maharatul qiro’ah often encounters various obstacles, including students' limited understanding of Arabic phonology and grammar, low learning motivation, and the lack of diverse teaching methods. To address these issues, this research suggests adopting more varied and interactive teaching approaches, utilizing technology to support reading practice, and improving teachers' competencies through training programs. Additionally, parental and community support is considered a crucial factor in facilitating students’ learning processes. By implementing these strategies, students are expected to improve their reading skills in Arabic texts and gain a more comprehensive mastery of the language, which will contribute to their understanding of Islamic teachings and their application in daily life. The findings of this study are expected to contribute to enhancing the quality of Arabic language instruction at Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah and serve as a reference for other educational institutions in developing Arabic learning strategies.
References
Akhyar, M., & Kosim, M. (2024). Gagasan pembaharuan pendidikan Islam berkemajuan perspektif KH Ahmad Dahlan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 1–19.
Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan integrasi ilmu pengetahuan dan agama berdasarkan dalil Al-Qur’an: Studi kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan fokus pada teori Big Bang, embriologi, dan lapisan atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.
Anwar, K. (2025). Urgensitas pembelajaran Qira’ah bagi siswa kelas VIII Darel Hikmah Pekanbaru. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 1003–1006.
Baedowi, K., Zulfa, M., & Mahmud, M. (2025). Penerapan prinsip termokimia untuk meningkatkan kerukunan pendidik dan keberhasilan pendidikan: Analisis dinamika interaksi pendidik melalui reaksi pembentukan dan peruraian. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 6(1).
Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep Islam rahmatan lil’alamin dalam pendidikan karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.
Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Strategi, implementasi, dan peran pengasuh dalam pengembangan pendidikan agama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 152–172.
Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendidikan karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat pedesaan: Studi kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.
Hotimah, I., & Nabihah, A. (2025). The implementation of the Qira’ah method in Arabic language learning for students of MA Mambaul Ulum Paiton Probolinggo. Al-Fakkaar, 6(1), 131–148.
Khasanah, U., & Suparman, M. A. (2022). Model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan Big Book: Konsep dan aplikasinya. Prenada Media.
Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.
Khotimah, I., Nabihah, A., & Jamilah, N. A. (2025). Eksplorasi metode Qirā’atul Khabar dalam meningkatkan kosakata siswa sekolah menengah atas Islam. JICALLS: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Studies, 3(1), 1–14.
Ma’ruf, M. A., & Mathoriyah, L. (2024). Analisis kesalahan sintaksis dalam membaca teks Arab pada siswa serta alternatif peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab, 7(2), 794–803.
Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi cinta kepada Nabi Muhammad menurut Al-Qur’an, Hadis, dan pendapat ulama dalam Kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.
Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam perspektif Islam: Transformasi spiritualitas dan kontribusi sosial bagi kaum Muslim dalam Kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 55–66.
Muhammad, H. M., Cahyani, I. D., Anbiya, B. F., et al. (2025). Potensi Discord sebagai media pembelajaran interaktif dalam pendidikan: Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1).
Mulan, I. Y., & Hasibuan, N. (2024). Analysis of the implementation of the Qirā’ah method in improving students’ Arabic text reading ability in Arabic language subjects at MTs Tahfiz Terpadu Anbata Medan. JUDIKIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 7–15.
Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.
Mutia, M. R., et al. (2025). Penerapan metode Qiro’ah Hikayah untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam bahasa Arab siswa kelas XI di SMA 3 Negeri Palopo. Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 27–41.
Permana, R. (2025). Evaluasi media pembelajaran. Media Pembelajaran, 100.
Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai kesejahteraan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.
Smith, R. (1999). The writings of Harold E. Palmer: An overview. Hon-no-tomosha.
Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.
Sutrisno, A. B., Fauziah, F., & Razak, F. (2024). Peningkatan keterampilan guru PAUD dalam membuat media pembelajaran berbasis animasi PowerPoint. Jurnal IPMAS, 4(1), 28–40.
Syakdiyah, H., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Keutamaan ilmu sebagai fondasi dalam membangun peradaban Islam di era modern: Perspektif nilai dan relevansi kontemporer. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 43–54.
Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi Wa Shahabat dalam membangun karakter mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 27–42.
Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi dalam kehidupan peserta didik di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.