HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMK NEGERI 4 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i3.65Keywords:
Gaya Mengajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Kota Serang, untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMK Negeri 4 Kota Serang, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (quesioner) dan tes (pilihan gana). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis korelasi antara variabel X dengan variabel Y yang menunjukkan bahwa indeks koefisien korelasi (rxy) = 0,660 setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment diketahui bahwa angket “r” antara (0,40- 0,70) yang interpretasinya ialah antara variabel X dengan ariabel Y terdapat korelasi yang sedang, selanjutnya nilai 0,660 dikonsultasikan pada rtabel dengan N= 36 dan taraf signifikan 5% (0,05) sehingga didapat nilai rtabel sebesar 0,329 atau dapat dinyatakan bahwa rhitung> rtabel. Adapun konstribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi (CD) ialah 43,56% sedangkan sisanya sebesar 56,44% dipengaruhi oleh variabel lain yang diperlukan penelitian lebih lanjut.