Implikasi Program Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Moh Rusdi Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Jumari Jumari Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Tauhid Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v3i3.526

Keywords:

Counseling Guidance, Discipline

Abstract

Counseling guidance is a relief effort given to students in order to obtain self-concept and self- confidence, to be used by students in fixing problems that exist in students. The purpose of this research is to find out 1) How is the implementation of counseling guidance program at MI Bina Ihsan Mulia Badung 2019/2020 Learning Year, 2) How is the student discipline in MI Bina Ihsan Mulia Badung 2019/2020 Learning Year, 3) How is the implementation of the guidance program counseling in improving discipline in MI Bina Ihsan Mulia Badung 2019/2020 Academic Year? The type of research uses a qualitative approach that is descriptive. Resource persons in this study are the principal, class teacher, student field. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Data analysis is performed interactively, starting from data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the application of counseling guidance in MI Bina Ihsan Mulia Badung conducted by the homeroom teacher, subject teacher, and school principal. The counseling guidance program in MI Bina Ihsan Mulia Badung is provided with an information service orientation service for individual counseling services for mediation services.

References

Amti Erman dan Prayetno. Dasar-dasar Bimbingan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008

Departemen Agama Republik Indonesia. Alquran Hafalan Mudah ( Bandung Cardoba, 2018 ) h. 520

Fani Juliana Fiana, Daharnis & Mursyid Ridha, (2013), Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling” dalam jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 23, h 30-31

https://alquranmulia.wordpress.com/alquran/t afsir/Al-‘Asr/ (diunduh pada hari selasa 07/04/2020) pukul 11:00 WIB

https://tafsirweb.com/37714-quran-surat-al- jumuah-ayat-9-10.html (diunduh pada hari kamis 73/06/2020)

Joko Subagyo, 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, h 63

Martin, Hanik. (2009) Upaya Guru dan Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta:Program Studi Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2009

Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani. Bimbingan dan Konseling Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2014), h. 73-74

Muhammad Sobri dan Moerdiyanto, (2014), Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Dalam jurnal Harmoni Sosial. Vol 1 No. 1, h. 48.

Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992), h. 16

Prayitno, (2017), Konseling Professional Yang Berhasil Layanan Dan Kegiatan Pendukung, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), h. 49-219

Permendikbud, Peraturan Bimbingan Konseling di Sekolah ( No. 111 Tahun 2014 terdapat 14 pasal No. 111 Tahun

)

Ridho Ilahi, Syahniar & Indra Ibrahim, “Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling”. Dalam jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3. No. 1, hal. 43 2017

S. Rahman, Hibana, Bimbingan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UII Press 1992 Sagala, Syaiful. Adminitrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2005

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, PT Rineka Cipta, 2002

Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gunung Agung, 1990

Tulus Tu‟u, (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo ), h.35-36

Unaradja, Dollet. Manajemen Disiplin, Jakarta: Grasindo, 2003

Ulya, Lathifatul, (2018). Peranan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MI Kalifa Nusantara Denpasar Tahun Pembelajaran 2017/2018. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Seko lah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar Bali

Vina Hervian dan Angky Febriansyah, “Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Entrepreneur Indonesia Bandung” Jurnal Riset Akuntansi: Vol. 2 No. 2, Oktober 2016, h. 23

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Rusdi, M., Jumari, J., & Hidayat, T. (2022). Implikasi Program Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 3(3), 147–160. https://doi.org/10.53958/ft.v3i3.526