Implikasi Program Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Moh Rusdi Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
Keywords: Bimbingan Konseling, Kedisiplinan

Abstract

Bimbingan konseling merupakan upaya bantuan yang diberikan kepada siswa supaya memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri, untuk dimanfaatkan siswa dalam memperbaiki masalah yang ada pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pembelajaran 2019/2020, 2) Bagaiman kedisiplinan siswa yang ada di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pembelajaran 2019/2020, 3) Bagaimana implementasi program bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019 /2020?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, bidang kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil Penerapan bimbingan konseling di MI Bina Ihsan Mulia Badung dilakukan oleh wali kelas, guru mapel, dan kepala sekolah. Program bimbingan konseling yang ada di MI Bina Ihsan Mulia Badung yang diberikan layanan orientasi layanan informasi layanan konseling individu layanan mediasi.

References

Amti Erman dan Prayetno. Dasar-dasar Bimbingan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008
Departemen Agama Republik Indonesia. Alquran Hafalan Mudah ( Bandung Cardoba, 2018 ) h. 520
Fani Juliana Fiana, Daharnis & Mursyid Ridha, (2013), Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling” dalam jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 23, h 30-31
https://alquranmulia.wordpress.com/alquran/t afsir/Al-‘Asr/ (diunduh pada hari selasa 07/04/2020) pukul 11:00 WIB
https://tafsirweb.com/37714-quran-surat-al- jumuah-ayat-9-10.html (diunduh pada hari kamis 73/06/2020)
Joko Subagyo, 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, h 63
Martin, Hanik. (2009) Upaya Guru dan Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta:
Program Studi Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2009
Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani. Bimbingan dan Konseling Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2014), h. 73-74
Muhammad Sobri dan Moerdiyanto, (2014), Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Dalam jurnal Harmoni Sosial. Vol 1 No. 1, h. 48.
Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992), h. 16
Prayitno, (2017), Konseling Professional Yang Berhasil Layanan Dan Kegiatan Pendukung, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), h. 49-219
Permendikbud, Peraturan Bimbingan Konseling di Sekolah ( No. 111 Tahun 2014 terdapat 14 pasal No. 111 Tahun 2014 )
Ridho Ilahi, Syahniar & Indra Ibrahim, “Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling”. Dalam jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3. No. 1, hal. 43 2017
S. Rahman, Hibana, Bimbingan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UII Press 1992 Sagala, Syaiful. Adminitrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2005
Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, PT Rineka Cipta, 2002
Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gunung Agung, 1990
Tulus Tu‟u, (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo ), h.35-36
Unaradja, Dollet. Manajemen Disiplin, Jakarta: Grasindo, 2003
Ulya, Lathifatul, (2018). Peranan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MI Kalifa Nusantara Denpasar Tahun Pembelajaran 2017/2018. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Seko lah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar Bali
Vina Hervian dan Angky Febriansyah, “Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Entrepreneur Indonesia Bandung” Jurnal Riset Akuntansi: Vol. 2 No. 2, Oktober 2016, h. 23
Published
2023-02-22
How to Cite
Rusdi, M. (2023). Implikasi Program Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MI Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), 145-159. https://doi.org/10.53958/ft.v4i1.183