Kontribusi Efektifitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan

  • Syarof Nursyah Ismail STAI Denpasar Bali
Keywords: Efektifitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Etos Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi beberapa variabel, yaitu: (1) efektifitas kepemimpinan, (2) budaya organisasi, (3) etos kerja, dan (4) efektifitas kepemimpinan, budaya organisasi, etos kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yang mengambil sampel seluruh guru di MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan.Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.Eksplanasi penelitian bersifat kausal korelasional deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Efektifitas kepemimpinan memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan dengan kontribusi sebesar 24,20%; (2) Budaya organisasi memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan dengan kontribusi sebesar 10,10%; (3) Etos kerja memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan dengan kontribusi sebesar 38,20%; dan (4) Efektifitas kepemimpinan, budaya organisasi dan etos kerja secara simultan memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan dengan kontribusi sebesar 72,50%.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat kontribusi yang signifikan efektifitas kepemimpinan, budaya organisasi, dan etos kerja terhadap kepuasan kerja guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan.Dengan demikian, ketiga variabel atau faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kepuasan guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan.

References

[1] Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka
[2] Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
[3] Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Girafindo Persada.
[4] Juhadi, dkk, 2001, Desain dan Komposisi Peta Tematik, Semarang: Indoprint.
[5] Kemendikbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[6] Nasution. 1995. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
[7] Sudjana, dan Rivai. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
[8] Wiegan, P. 2006. Learning and Teaching with Maps.
Published
2015-12-07
How to Cite
Ismail, S. (2015). Kontribusi Efektifitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan. Widya Balina, 1(1), 97 - 112. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/75

Most read articles by the same author(s)