Penerapan Pembelajaran Kontekstual Tematik untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016

  • Syarof Nursyah Ismail STAI Denpasar Bali
Keywords: Metode Kontekstual Tematik, Meningkatkan Partisipasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapanpembelajaran kontekstual tematik untuk meningkatkan partisipasidan hasil belajar peserta didik kelas X IPS MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual tematik pada siswa XIPS MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroomaction research).Penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam penelitianini sebagai strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan tindakan melalui pembelajaran kontekstual tematikkemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Manfaat yang dirasakan siswa dengan pembelajaran kontekstualtematik yakni mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa ke dalam kelas.

References

[1] Indra Fachrudi Soekarno Editor Tahalele.2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Ciawi: Ghalia Indonesia.
[2] Keputusan Menteri Agama RI (KMA) Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah Yang Bersertifikat Pendidik.
[3] Marno dan Idris, M. 2008.Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
[4] Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
[5] Musfiqon. 2010. Bahan Ajar Diklat Kepala Madrasah. Pusdiklat Tenaga Administrasi. Kementerian Agama RI.
[6] Nawawi Hadari, Hadari Martini M. 2004.Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Published
2020-12-28
How to Cite
Ismail, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Tematik untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MA Raudlotul Huffadz Kediri Tabanan Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Widya Balina, 5(2), 197 - 211. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.61

Most read articles by the same author(s)