Sinergi Sekolah dan Masyarakat dalam Pengelolaan Ekstra Kurikuler di SMP Islam Nurudz Dholam Kedungdung Sampang

  • Siti Farida IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Munib Munib IAI Nazhatut Thullab Sampang
Keywords: Ekstrakurikuler, Sinergi Masyarakat

Abstract

Dua pertanyaan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, pertama Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Program Layanan Khusus Di SMP Nurudz Dzolam Kedungdung Sampang. 2. Sinergi Yang Dibangun Oleh Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Nurudz Dzolam Kedungdung Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan:  wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang telah diperoleh melalui observasi, interview, dan dokumentasi, maka peneliti menggunakan tekhnik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Nurud Dzolam dilaksanakan diluar jam sekolah yang bertujuan tidak hanya  upaya untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, namun juga membentuk karakter siswa agar mempunyai watak yang teruji dan terpuji dengan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh SMP Nurudz Dzolam Kedungdung, yaitu : Pramuka, LDK, Paskibraka, Literasi, Pencak silat, Drum Band, Teater, Sholawat Banjari dan Robotic. Adapun sinergi dengan masyarakat yang dibangun oleh SMP Nurudz Dzolam dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan cara melibatkan masyarakat baik dalam proses perencaanaan maupun pelaksanaan.

References

[1] Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, 2002
[2] Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1993
[3] A. Sahertian, Piet, Dimensi Administrasi Pendidikan, Surabaya; Usaha Nasional, 1994
[4] Hilal, R. Sayidin, Sosiologi : Dengan Pendekatan Tematik dan Induktif , Jakarta : PT. Bintang Ilmu 2005
[5] Kompri, Manajemen Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah, Bandung: Alfabeta, 2015
[6] Margono,S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2000
[7] Mulyasa, E. Standar Kompetisi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008
[8] Narbuko, Chalid Dkk, Metodologi Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara, 2002
[9] Purwanto, Ngalim, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2017
[10] Rachman Saleh, Abdul, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2006
[11] Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
[12] Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam :Strategi baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Jakarta : Erlangga, 2010
[13] Prihatin, Eka, Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2009
[14] Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
[15] Morisan, Manajemen Publik Relations, Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2008
Published
2020-06-29
How to Cite
Farida, S., & Munib, M. (2020). Sinergi Sekolah dan Masyarakat dalam Pengelolaan Ekstra Kurikuler di SMP Islam Nurudz Dholam Kedungdung Sampang. Widya Balina, 5(1), 78 - 92. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.53