Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali

  • Rusmayani Rusmayani STAI Denpasar Bali
Keywords: soal pilihan ganda, validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran tes

Abstract

Penelitian evaluatif ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran pada soal Penilaian Akhir Semester Genap dengan bentuk soal pilihan ganda pada mata pelajaran PAI Kelas VII Semester Genap di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali Tahun Pelajaran 2018-2019. Objeknya adalah 40 butir soal bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru MGMP PAI di Kabupaten Tabanan. Jumlah responden 39 siswa, data didapatkan melalui dokumentasi hasil tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis campuran, yakni menyajikan data dalam bentuk numerik selanjutnya diinterpretasikan ke dalam kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: 1) Dari 40 butir soal, terdapat 15 butir soal yang drop, dan 25 butir soal valid, 2) Nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.855 dengan kategori sangat tinggi, 3) Terdapat 11 butir kategori sedang dan 14 butir soal kategori mudah, hal ini menunjukkan bahwa soal buatan guru terbukti belum memenuhi syarat taraf kesukaran butir soal yang proporsional, 4) Terdapat 8 butir soal memiliki indeks daya beda > 0.20 dengan kategori sedang, dan 17 butir soal memiliki indeks daya beda < 0.20 dengan kategori lemah, sehingga dari 25 butir soal, sebagian besar butir tersebut belum mampu membedakan antara siswa yang berada pada kelompok atas dengan siswa yang berada pada kelompok bawah.

References

[1] Anwar, Syafri. 2009. Penilian Berbasis Kompetensi. Padang: UNP Press.
[2] Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] __________. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara
[4] Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press
[5] Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Depdiknas
[6] Kuswati, Eni. 2017. https://enikuswati.gurusiana.id/article/2017/7/daftar-perubahan-istilah-dalam-k-13-revisi-2017-1041540, diakses tanggal 11 April 2020
[7] Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Buku Ajar Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Singaraja, Program Pasca Sarjana UNDIKSHA Singaraja
[8] Nurhasanah, Herlina Ahmad. 2017. Analisis Soal Ujian Tengah Semeseter Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakata Vol. 13, No. 1
[9] Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
[10] Purwanto, M. Ngalim. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
[11] Sudjana, Nana. 2012 . Penilaian Hasil Belajar, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
[12] Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2020-06-29
How to Cite
Rusmayani, R. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali. Widya Balina, 5(1), 41- 49. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.50

Most read articles by the same author(s)